page contents
 
Setelah melalui mekanisme voting, dan pada akhir sidang umum Perhimpunan Astronomi Internasional (International Astronomical Union, IAU) di Praha, Ceko, pada 24 Agustus 2006, para astronom sepakat bahwa Pluto bukan planet lagi. Sejak saat itu Pluto sudah bukan planet lagi, seperti yang kita ketahui sejak kecil tentunya (masa kecilnya saya yah, kelahiran 1983 coy). Pluto menyandang "gelar" planet selama 76 tahun dan sekarang Pluto sudah tidak bisa menyandangnya lagi oleh karenanya namanya pun harus diubah menjadi nomor yaitu 134340 yang diberikan oleh Minor Planet Center (MPC), yang merupakan Organisasi yang bertanggung jawab mengumpulkan data tentang asteroid dan komet dalam tata surya.
Alasan kenapa pluto bukan planet, karena :

Picture
1. Benda angkasa disebut sebagai planet bila memiliki bagian seperti bumi yaitu gas, batu dan air sedangkan neptunus terdiri atas gas dan batu. Namun pluto hanya terdiri atas batu dan es.

Picture
2. Ukurannya yang kecil, tidak sampai setengah dari diameter merkurius yang merupakan planet yg sangat licek / kecil.

3. Orbit Pluto yang kadang timpang tindih dengan orbit planet Neptunus.
Picture
4. Pluto berukuran hampir sama dengan satelit”nya yang membuat pluto hanya di anggap sebagai benda langit yg bukan disebut planet.

    Author

    michan

    Archives

    May 2012
    April 2012
    March 2012

    Categories

    All
    Diknas
    Lkp
    Pkbm
    Y.Karampuang

    Click to set custom HTML
    free counters
    Iklan 2Billiontraffic